7 Ramadhan 4 tahun yang lalu, penulis memulai perusahaan 7Langit dengan merilis aplikasi pertama Quran Application for BlackBerry. [1]

Sangat menyenangkan rasanya bisa membuat aplikasi yang digunakan oleh ratusan ribu orang, karena itu 7 Ramadhan kali ini, penulis membuat sebuah aplikasi baru yang harapannya bisa menjangkau lebih banyak orang lagi yang merasakan manfaatnya.

Aplikasi DoaMuslim, sebuah aplikasi berbasis HTML5/Phonegap yang dirilis sebagai aplikasi Open Source berlisensi MIT di github [2].

Aplikasi ini bertujuan agar memudahkan pengguna smartphone untuk berdoa karena semua konten doanya tersedia secara offline di perangkat ponsel yang sekarang sudah semakin tidak terpisahkan dari penggunanya.

Iya, aplikasi ini masih perlu dikembangkan, karena konten yang terbagi dalam 3 bagian besar (Doa Harian, Doa Sholat, Doa Haji/Umroh) ini masih sedikit. Tapi penulis berjanji untuk sedikit demi sedikit melakukan update konten, bahkan lebih seru lagi saya mengajak anda semua turut serta mengembangkan aplikasi ini, bahkan bisa juga anda komersialisasikan. 😄 seru bukan?

Karena penulis masih memiliki problem dengan implementasi Arabic di sejumlah perangkat smartphone [3], maka konten arabic pada aplikasi ini merupakan sebuah gambar dan dibuat dengan memperhatikan aspek ukuran dan keindahan tulisannya. Dengan konten yang akan selalu diperbarui dari situs:

http://7langit.com/doamuslim.html

Target berikutnya adalah build aplikasi DoaMuslim ini menggunakan SDK dari setiap platform yang didukung PhoneGap, maupun menggunakan PhoneGap Build [5], dan melakukan publikasi aplikasi ke semua Application Store yang dimiliki oleh tim 7Langit 😄

Aplikasi ini bisa tersedia berkat dukungan tim @7Langit and my partner @TitiRusdi.. Thanks for the great support!

Aplikasi ini juga ditujukan buat teman-teman peserta kelas free training #mobilisasi untuk semakin banyak mencoba dari contoh-contoh kode yang ada di situs ini. [4]

Download langsung dari Github Repo.. silahkan untuk fork/pull request jika ingin berpartisipasi.

Semakin banyak orang yang berpartisipasi dan membantu menyebarkan aplikasi ini, akan semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya..

[1]http://7langit.com/2009/08/28/aplikasi-al-quran-untuk-blackberry/

[2]https://github.com/arfiandwi/doamuslim

[3]http://oo.or.id/content/experiment-custom-arabic-font-android-phonegap-failed

[4]http://oo.or.id/content/html5-mobile-development-training-jakarta-indonesia

[5]http://oo.or.id/content/build-multiplatform-apps-cloud-github-repository-phonegap-build